8 Metode Cara Menentukan Undertone Kulit

Pernah bertanya-tanya mengapa beberapa warna tampak sempurna pada Anda, sementara yang lain tidak? Rahasianya ada pada ‘undertone’ kulit Anda. Mari kita jelajahi cara menentukan undertone kulit agar Anda bisa memilih warna yang paling cocok dengan penampilan Anda.

Untuk menghindari kesalahan dalam memilih, pastikan Anda memiliki pemahaman mengenai cara simpel mengenali undertone kulit. Yuk, simak artikel ini!

Apa itu Undertone Kulit?

Undertone kulit adalah kunci untuk tampilan yang harmonis. Undertone kulit berbeda dengan warna kulit yang selama ini kamu lihat. Ada tiga tipe undertone:

  • Undertone Hangat (warm), yaitu rona kulit yang bernuansa kuning, emas, dan persik.
  • Undertone Dingin (cool), yaitu rona kulit yang berwarna merah muda hingga kebiruan.
  • Undertone Netral, yaitu rona kulit yang berada di antara undertone warm dan cool.

Banyak orang mengira skin tone dan undertone itu sama, tetapi keduanya sangat berbeda. Perbedaan antara Skin Tone (warna kulit) dan Undertone adalah sebagai berikut:

  • Skintone adalah warna kulit yang terlihat secara langsung di permukaan. Warna kulit dapat bervariasi mulai dari pucat, kuning langsat, hingga sawo matang. Ini yang disebut sebagai skintone.
  • Undertone adalah warna dasar kulit yang tidak dapat terlihat secara langsung di permukaan atau dengan mata telanjang.

Undertone kulit ditentukan oleh melanin dan faktor genetik. Penting untuk dicatat bahwa memiliki undertone warm tidak berarti skintone akan gelap. Undertone dan skintone dapat berbeda satu sama lain. Warna kulit dapat mengalami perubahan seiring waktu dan aktivitas, seperti paparan sinar matahari yang berlebihan dapat membuat skintone menjadi lebih gelap. Warna tersebut ditentukan oleh jumlah melanin (pigmen kulit) yang ada di lapisan paling atas kulit.

Tetapi, undertone kulit akan tetap konsisten. Dua saudara kandung dengan warna kulit serupa belum tentu memiliki undertone yang identik. Stereotip yang menyatakan bahwa warna kulit terang selalu memiliki cool undertone tidak selalu benar, karena ada juga individu dengan warna kulit tersebut yang memiliki warm undertone. Oleh karena itu, penting untuk memahami undertone kulit Anda dengan menerapkan cara mengetahui undertone kulit.

Cara Simpel Mengenali Undertone Kulit

cara menentukan warna kulit

1. Cek Warna Pembuluh Darah

Untuk menentukan warna kulit Anda, langkah pertama yang dapat Anda lakukan adalah memeriksa warna pembuluh darah yang terlihat pada kulit. Ini akan memberikan petunjuk penting tentang undertone atau nada dasar kulit Anda. Mari kita bahas cara yang dapat Anda terapkan.

Pertama, perhatikan warna pembuluh darah Anda. Jika pembuluh darah terlihat kehijauan, ini menandakan bahwa Anda memiliki undertone warm atau hangat. Ini seringkali dianggap sebagai karakteristik kulit yang memberikan kesan hangat dan bersinar.

Sebaliknya, jika warna pembuluh darah Anda terlihat kebiruan, Anda mungkin memiliki undertone cool atau dingin. Warna biru atau keunguan pada pembuluh darah adalah tanda bahwa Anda cenderung memiliki rona kulit yang lebih sejuk.

Namun, jika pembuluh darah Anda tidak terlihat atau tampak tidak jelas, hal ini menunjukkan bahwa Anda memiliki undertone neutral. Undertone netral sering kali memberikan fleksibilitas dalam memilih warna pakaian atau makeup.

2. Kenakan Pakaian Berwarna Netral

Salah satu cara praktis untuk mengetahui undertone kulit Anda adalah dengan mengamati bagaimana warna pakaian tertentu melengkapi penampilan Anda. Coba kenakan pakaian berwarna netral seperti putih, putih gading, hitam, atau cokelat. Warna-warna ini dapat memberikan petunjuk berharga tentang undertone kulit Anda.

  1. Cool Undertone: Jika Anda memiliki undertone cool, biasanya warna putih lebih cocok untuk Anda. Pilihlah pakaian putih untuk memberikan kesan yang sejuk dan menyegarkan.
  2. Warm Undertone: Pemilik undertone warm sering terlihat lebih baik dalam baju berwarna cokelat, sementara mereka dengan undertone cool akan terlihat lebih elegan dalam pakaian berwarna hitam.
  3. Neutral Undertone: Jika Anda memiliki undertone neutral, berita baiknya adalah Anda bisa eksperimen dengan berbagai warna pakaian. Semua warna terlihat cocok dengan kulit netral Anda, termasuk putih, hitam, dan warna-warna netral lainnya.

3. Perhatikan Reaksi Kulit di Bawah Sinar Matahari

Paparan sinar matahari dapat menjadi salah satu cara efektif untuk mengetahui undertone kulit Anda. Berikut adalah respon kulit terhadap sinar matahari:

  • Cool Undertone: Jika kulit Anda mudah terbakar dan menunjukkan tanda-tanda kemerahan, gatal, hangat, dan perih, kemungkinan besar Anda memiliki undertone cool. Kulit yang cenderung reaktif terhadap sinar matahari ini memberikan nuansa dingin.
  • Warm Undertone: Jika kulit Anda menggelap ke warna peach, keemasan, atau karamel setelah terpapar sinar matahari, ini menandakan bahwa Anda memiliki undertone warm. Kulit dengan rona hangat cenderung merespons sinar matahari dengan memberikan warna keemasan.
  • Neutral Undertone: Pemilik undertone neutral akan mengalami kombinasi dari terbakar dan menggelap secara bersamaan.

4. Coba Berbagai Warna Pakaian

Mencoba beberapa pakaian dengan warna tertentu adalah langkah cerdas untuk memastikan jenis rona warna yang paling cocok untuk Anda. Berikut adalah panduan sederhana untuk mencari tahu warna pakaian yang paling mendukung rona warna Anda:

  • Cool Undertone: Jika Anda memiliki undertone cool atau dingin, pakaian berwarna biru akan sangat cocok untuk Anda. Warna biru akan memperkuat kesan sejuk dan menyegarkan pada kulit Anda.
  • Warm Undertone: Pemilik undertone warm atau hangat akan terlihat sangat cocok dengan pakaian berwarna kuning. Warna kuning akan memberikan kehangatan dan kilau pada rona kulit yang hangat.
  • Neutral Undertone: Bagi pemilik undertone neutral, hampir semua jenis pakaian dan warna akan cocok dengan baik. Anda memiliki kebebasan eksplorasi dalam memilih gaya dan warna pakaian.

5. Gunakan Perhiasan

Selain warna pembuluh darah, pilihan perhiasan yang Anda sukai juga dapat memberikan petunjuk berharga tentang undertone kulit Anda. Inilah panduan singkatnya:

  • Cool Undertone: Warna perhiasan perak, platinum, dan rose gold cenderung cocok dengan undertone kulit yang dingin. Jika Anda merasa perhiasan perak atau rose gold lebih menonjol pada kulit Anda, ini mungkin menandakan bahwa Anda memiliki undertone kulit yang dingin.
  • Warm Undertone: Jika Anda lebih menyukai perhiasan dengan warna emas kuning tradisional dan merasa bahwa itu cocok dengan kulit Anda, kemungkinan besar Anda memiliki undertone kulit yang hangat. Emas kuning sering memberikan kehangatan yang sempurna pada kulit hangat.
  • Neutral Undertone: Pemilik undertone neutral sering terlihat baik dengan perhiasan berwarna emas maupun silver. Jika keduanya cocok dengan Anda, Anda mungkin memiliki undertone kulit yang netral.

6. Lakukan White Test

Selembar kertas putih bisa menjadi alat sederhana untuk menentukan undertone kulit Anda. Berikut adalah panduan menggunakan uji kertas putih:

  • Pegang kertas putih tepat di samping wajah Anda.
  • Jika wajah terlihat lebih kuning, ini menandakan bahwa undertone kulit Anda adalah hangat.
  • Jika kulit terlihat berwarna merah muda, ini menunjukkan bahwa warna alami bawah kulit Anda adalah dingin.

7. Perhatikan Warna Rambut dan Mata

Secara umum, dikatakan bahwa orang dengan warna rambut dan mata yang terang memiliki cool undertone, sedangkan mereka dengan warna rambut dan mata yang cenderung gelap memiliki warm undertone. Namun, ini bukan aturan baku, dan variasi alami dalam warna rambut dan mata dapat membuat pengkategorian ini tidak selalu akurat.

8. Perhatikan Warna Kulit di Belakang Telinga

Salah satu cara sederhana yang dapat dicoba adalah dengan meminta bantuan orang lain untuk melihat warna di belakang telinga.

  • Jika warnanya kekuningan, ini dapat menandakan warm undertone.
  • Jika warnanya pink kemerahan, ini menunjukkan cool undertone.
  • Jika warnanya merupakan paduan keduanya atau tidak terlihat sama sekali, kemungkinan termasuk neutral undertone.

Kesimpulan

cara menentukan warna undertone kulit

Menggunakan berbagai metode dan membandingkan hasilnya adalah kunci untuk mendapatkan penilaian yang lebih akurat terkait undertone kulit. Jika satu metode memberikan hasil yang kurang jelas, metode lain dapat memberikan konfirmasi atau klarifikasi, membantu Anda memahami karakteristik kulit dengan lebih baik.

Mengetahui undertone kulit bukan hanya soal estetika, tetapi juga tentang mengenali diri sendiri dan bagaimana Anda menyajikan diri kepada dunia. Dengan pemahaman yang lebih mendalam tentang cara menentukan undertone kulit, Anda dapat membuat pilihan yang lebih tepat dalam hal makeup dan fashion. Ini bukan hanya tentang mencocokkan warna, tetapi juga tentang menemukan nuansa yang dapat meningkatkan keindahan alami kulit Anda.